0

Lemonade Tycoon : Cara sederhana mempelajari manajemen

Posted by Mr Cassanova on Friday, April 05, 2013 in
Tampilan Game.
Lemonade Tycoon adalah sebuah game simulasi bisnis, menjadi pebisnis jus lemon di pinggir jalan. Ketertarikan saya pada game ini bermula saat saya berada di kelas 6 SD. Namun saat SMA kelas XI IPS, saya mulai berminat lagi pada game ini. Karena saat saya bermain game di Lab Komputer sekolah, saya iseng-iseng membuka game ini lagi pada hari selasa tanggal 2 April 2013 dan bersama teman-teman saya membahas dan berkonsultasi dalam setiap kebijakan manajemen penjualan lemon. Menurut saya game ini cukup menarik dan simpel karena game ini mengajari kepada kita tentang sebuah mikro-manajemen.


Di dalam game ini ditunjukkan beberapa hal yang paling mendasar dalam manajemen sebuah bisnis kaki lima. Mungkin hal ini dianggap unsur yang sederhana, namun menentukan dalam bisnis kita. Di game ini diperlihatkan saat kita mengatur penjualan hari ini seperti berapa banyak gula, lemon, es batu & juga stok bahan baku yang harus diperhitungkan memulai bisnis. Pada awalnya saya bermain game ini saya agak cukup sulit menentukan hal-hal kecil semacam itu. (biasa main game manajemen besar hehehehe :D)

Namun pepatah itu benar adanya "kegagalan adalah awal dari keberhasilan". Segera saya pun menyusun strategi baru dalam memperhitungkan balik modal yang cepat, saat itu musim panas di game ini datang segera saja saya menaikkan ongkos iklan & menaikkan harga dengan lebih tinggi. Strategi ini saya perbincangkan dengan beberapa konsultan manajemen saya seperti Bany, Raihan & Syawalludin. Yang dengan secepatnya menyutujui strategi baru ini.

Dalam sehari rekor penjualan pun diraih dan bisa balik modal, langsung setelah beberapa hari lewat saya memutuskan pindah sewa ke tempat yang lebih baru.

Pindah Cabang

Cabang baru.
Di cabang yang baru saya mengalami kenaikan penjualan, karena tempat yang baru lebih ramai. Namun biaya marketing yang harus dikeluarkan jauh lebih banyak karena masyarakat setempat belum mengenal nama besar produk "Jus Lemon yang agung" tersebut !
Dan juga saya mendapat pengeluaran baru, Beban Sewa. Dengan pertimbangan sewa per hari ini, saya menyusun strategi marketing dengan kombinasi strategi pengadaan barang yang tepat & mengupgrade beberapa perlengkapan untuk memberi pelayan yang berkualitas dan memuaskan kepada konsumen.


Game ini tidak sekedar mengajarkan kita soal untung tapi bagaimana menjaga kualitas produk kita kepada konsumen. Pricing & kualitas bahan baku sangat ditonjolkan dalam aspek manajemen dari game ini. Game ini menunjukkan kepada kita bahwa bisnis kecil seperti jualan jus lemon di pinggir jalan, akan menjadi bisnis besar apabila kita kelola dengan baik.



0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Irsyad Muhammad Website All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.